Luntur Mencuci Baju Batik, Begini Caranya

Diposting : Jumat, 11 Oktober 2019



Agar warna baju batik kesayangan Anda tetap indah dan cemerlang lebih tahan lama tidak memudar, begini cara mencuci dan merawatnya. 
 
Hampir setiap orang pasti memiliki setidaknya satu atau dua baju batik yang menjadi kebanggaan. Salah satu kain khas Indonesia ini memang indah serta memiliki modelnya bermacam-macam, untuk itu sangat cocok dipakai siapa pun baik kalangan  tua maupun muda. Tentunya Anda ingin sekali merawat agar baju batik Anda tidak cepat luntur dan kainnya tetap awet. Baca dan simak cara mencuci baju batik secara benar berikut ini agar batik Anda bisa dikenakan hingga bertahun-tahun. Kemudian, silakan Anda coba terapkan kiat-kiat atau cara perawatan batik dari Green Garden Laundry untuk memelihara pakain batik kebanggaan Anda.

Ketika mencuci pakaian berbahan kain batik, dianjurkan detergen cair lebih baik daripada detergen bubuk karena, salah satunya lebih cepat diserap oleh serat kain. Gunakan detergen yang khusus untuk pakaian berbahan lembut dan sensitif.
 
Cara yang pertama untuk mencuci baju batik.
Batik yang Anda baru dibeli sangat rentan luntur. Jadi, Anda dianjurkan mencuci batik baru dengan tangan terlebih dahulu. Selain itu juga, mencuci dengan tangan juga akan menjaga keawetan serat-serat kain. Rendam dalam air dingin atau hangat-hangat kuku dengan detergen cair, seperti Molto Silky Fine Wash, selama 15-30 menit, kemudian remas-remas sambil mengocok-kocok atau mengucek air rendaman. Pencucian baju batik baru pertama ini hanya bertujuan untuk membersihkan sisa bahan-bahan pewarna dan debu, jadi Anda tidak perlu menguceknya karena tidak ada kotoran membandel. Hindari memelintir kain batik ketika memerasnya. Gerakan meremas-remas lebih baik daripada memelintir setelah itu  dibilas, jemur di tempat teduh di luar rumah atau, saat musim hujan, di ruangan berventilasi baik.
 
Cara yang kedua mencuci batik tulis.
Selain untuk baju atau kaian batik baru, mencuci dengan tangan seperti disebutkan di atas juga dianjurkan untuk batik tulis karena lebih sensitif dari pada kain batik cap. Sebaliknya, Anda bisa memanfaatkan bantuan mesin cuci untuk mencuci baju batik cap.
 
Cara yang ketiga  mencuci batik di mesin cuci.
Bagian terpenting ketika menggunakan mesin cuci untuk mencuci batik adalah pilihan durasi dan kecepatan putaran. Untuk mengetahui ketentuan yang lebih tepat. Jika ada noda di baju batik, tangani terlebih dahulu. Dengan kain bersih yang dibasahi, usapkan sedikit detergen cair di atas noda lalu biarkan atau diamkan sejenak.
Masukkan baju batik ke mesin cuci dengan baju-baju berwarna senada dan berbahan kurang-lebih sama. Pilih program ‘delicate‘ atau ‘handwash‘ di mesin cuci. Siklus ini singkat dengan suhu air rendah sehingga lebih aman untuk serat dan warna batik. Setelah itu cepat keluarkan cucian Anda segera setelah mesin selesai bekerja, kemudian jemur baju batik di tempat teduh karena sinar matahari langsung bisa memudarkan warnanya.
Cara yang keempat merawat kain batik

Ikuti pula cara merawat batik berikut ini untuk menjaga warnanya:
Hindari menyetrika batik secara langsung. Balik baju batik terlebih dahulu, dan setrika bagian dalamnya. Atau, Anda bisa melapisi batik dengan kain katun tipis seperti sarung bantal atau serbet bersih agar setrika tidak langsung menyentuh kain. Hindari juga penggunaan temperatur terlalu sangat tinggi. Simpan baju batik Anda di lemari secara tergantung. Jika Anda memiliki kantung untuk menyimpan baju, masukkan terlebih dahulu ke dalamnya kemudian gantung. Hindari produk pemutih kain ketika berusaha menghilangkan Jika ada noda yang membandel, seperti noda minyak atau noda kopi, tangani dengan detergen cair tanpa bahan-bahan kimia lain.
Dengan mengikuti cara pencucian dan perawatan yang baik, warna dan motif baju batik kebanggaan Anda bisa bertahan lebih lama.

Artikel Terkait

Tips Praktis Mencuci Pakaian Saat Liburan atau Mudik

Tips Praktis Mencuci Pakaian Saat Liburan atau Mudik

Apakah saat ini Anda dan keluarga sedang mudik ...

Susah Atau Tidak Membersihkan Sepatu Berbahan Suede?

Susah Atau Tidak Membersihkan Sepatu Berbahan Suede?

Sepatu yang berbahan suede memang nyaman dipakai ...

Bagaimana Menghilangkan Noda Lipstik Yang Menempel Pada Pakaian

Bagaimana Menghilangkan Noda Lipstik Yang Menempel Pada Pakaian

Baju putih kesayangan kena noda lipstik?? Bete ...

Jasa Laundry Sepatu

Jasa Laundry Sepatu

Tahukah anda kesalahan kabanyakan orang saat ...

Apakah Bisa Mencuci Karpet Menggunakan Mesin Cuci

Apakah Bisa Mencuci Karpet Menggunakan Mesin Cuci

Jika kita melihat sebagian besar rumah yang ada ...

Bagaimana Caranya Menyelamatkan Ukuran Baju yang Menyusut Habis Dicuci

Bagaimana Caranya Menyelamatkan Ukuran Baju yang Menyusut Habis Dicuci

Apakah pernah baju atau jeans Anda mengalami ...

Ayo Lebih Hemat mana? Cuci Sendiri Di Rumah Atau Di Tempat Laundry?

Ayo Lebih Hemat mana? Cuci Sendiri Di Rumah Atau Di Tempat Laundry?

Kita semua tahu bahwa pakaian adalah kebutuhan ...

Kamu yang Anak Kos Pasti Pernah Melakukan Ini

Kamu yang Anak Kos Pasti Pernah Melakukan Ini

Hidup jauh dari orang tua gampang-gampang susah. ...

Luntur Mencuci Baju Batik, Begini Caranya

Luntur Mencuci Baju Batik, Begini Caranya

Agar warna baju batik kesayangan Anda tetap indah ...

Jasa Cuci Karpet

Jasa Cuci Karpet

Jasa pencucian karpet kantor. Tanpa kita sadari ...

© 2017 Green Garden Laundry. All rights reserved | By LR